Please Enable JavaScript Your Browser.. Thank's

Minggu, 09 Oktober 2011

Telematika Pertemuan 1

Telematika berasal dari bahasa Perancis “Telematique” yang menunjukan kepada sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dalam kegiatannya Teknologi Informasi mengacu suatu arah pada sarana prasana, sistem dan metode untuk mendapatkan perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian dan penggunaan data yang mempunyai arti. Telematics yaitu singkatan dari Telecommunication and Informatics diambil dari konsep Computing and Communication dan dikenal sebagai The New Hybird Technology.

Pemahaman tentang telematika
1. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik
2. Kemampuannya adalah menggabungkan sejumlah besar informasi secara singkat, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara, huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
3. Jasa telematika ada yang digunakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

Menurut Alfin Toffler bahwa teknologi telekomunikasi dan informatika dikenal sebagai Telematika saat ini(Yuliar, 2007) dan menurut Yusuf Hadi Miarso (2007) yaitu telematika merupakan gabungan dari teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem digital. Inti dari pengertian Telematika yaitu dimana konvergensi antara teknologi Telekomunikasi, Media dan Informatika yang digunakan untuk pekerjaan pemrosesan data dengan sistem digital.

Beberapa Fungsi Telematika diantaranya:
1. Penyampai Informasi agar bertambahnya pengetahuan manusia untuk menjadi terampil dalam hidupnya, cerdas dan berwawasan.
2. Sebagai penghubung sosial dalam hidup bermasyarakat, serta menghubungkan proses interaksi sosial dan kerjasama.
3. Perpustakaan Elektronik, perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan pemakai.
4. Surat Elektronik (email).
5. Ensiklopedi elektronik.
6. Sistem distribusi bahan secara digital, penggunaan sistem ini dapat mengatasi keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil.

Perkembangan Telematika dalam bidang Teknologi Informasi:
Pada dasarnya pada perkembangan telematika dalam bidang Teknologi Informasi di Indonesia pada umumnya meliputi: pada periode rintisan, periode pengenalan dan periode aplikasi, untuk lebih jelasnya akan didefinisikan dibawah ini:
Pada Periode Rintisan, dimana internet pertama kali dikenal pada 1 januari 1983 dalam penggunaan masih sangat jarang yang menggunakannya dan terbatas, menjelang akhir tahun 1983-1989, pernah ada UNInet dan Cossy. UNINET merupakan sebuah jaringan berbasis UUCP yang konon pernah menghubungkan Dikti, ITS, ITB, UI, UGM, UnHas, dan UT. Cossy pernah dioperasikan dengan menggunakan X.25 dengan pihak dari Kanada.

Pada Periode Pengenalan, dimana radio amatir jangkauannya sudah mencapai luar negri pada tahun 1990-an, kemudian pada tahun 1994 internet pertama kali masuk ke Indonesia dan pertama kali mengenal ISP (Internet Services Provider) adalah IPTEKnet, pada tahun 1995-1996 hadirnya siaran televisi RCTI dan SCTV.
Periode Aplikasi, dimana teknologi telepon genggam sudah banyak yang menggunakannya dan mulai banyak dikenal serta banyak emudahan yang disuguhkan telematika, meningkatkan kinerja usaha, menghemat biaya, dan memperbaiki kualitas produk. Masyarakat juga mendapat manfaat ekonomis dan peningkatan kualitas hidup. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal "top-down" direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Dalam bidang yang sama, khususnya terkait dengan pengaturan dan pelaksanaan mengenai nernagai bidang usaha yang bergerak di sector telematika, diatur oleh Direktorat Jendral Aplikasi Telematika (Dirjen Aptel) yang kedudukannya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Trend Telematika pada saat saat sudah muncul generasi masa depan sebuah alat komunikasi dimana pengguna dapat berinteraksi secara non-fisik dengan banyak macam media, yang terbaru saat ini dunia teknologi 3G, 3,5G dan 4G serta model yang sudah dapat berbentuk hologram misal peluncuran terbaru saat ini yaitu iPhone 5 Mac, dimana objek dapat dikeluarkan dengan teknologi mini proyektor. Adapun perkembangan VoIP yang sudah mulai mudah diakses, murah dan digunakan contohnya saja Personal Computer 1 terhubung dengan Personal Computer yang lain dengan menggunakan akses internet fasilitas yang biasa digunakan saat ini di warung internet atau biasa kita menyebutnya WarNet..

Sumber Info:
http://www.drn.go.id/pustaka/jakstra.pdf
http://www.hsirait.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar