Please Enable JavaScript Your Browser.. Thank's

Minggu, 27 September 2009

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization disingkat SEO atau dalam Bahasa Indonesia disebut Optimisasi mesin pencari. Mesin pencari disini bertujuan menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Sejarah singkatnya menurut Danny Sulivan SEO digunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang dipostingka di Usenet namun pada masanya masih dapat mudah dimanipulasi.

Awal tentang algoritmanya dalam pencarian sepenuhnya tentang informasi oleh webmaster melalui meta tag pada kode html pada sebuah situs. Meta tag disini menyediakan informasi berdasarkan kata kunci biasa disebut keyword. Dalam perkembangannya algoritma berkembang menjadi PageRank. PageRank merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link.

Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Contoh kasus Google Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif.

Adapun beberapa Tokoh SEO yang terkenal:

1. Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.

2. Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.

3. Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.

0 comments:

Posting Komentar